SOSIALISASI PENANGGULANGAN DAN PENCEGAHAN COVID-19 DAN VAKSINASI DI DESA RUKAM

Pemerintah Desa Rukam melakukan sosialisasi kepada masyarakat des tentang pencegahan virus Corona atau Covid-19. Acara sosialisasi ini dilaksanakan supaya pemahaman masyarakat desa tidak mengabaikan begitu saja tentang bahayanya virus Covdi-19. Pada acara tersebut turut hadir Pemerintah Desa Rukam, BPD Rukam, Babinsa, BKTM, Satgas Desa/ Relawan Covid-19, RT RW se-Desa Rukam dan dari pihak Puskesmas Kecamatan Mendo Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung serbaguna Desa Rukam, pada hari Kamis, 16 September 2021.

Kegiatan sosialisasi pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini dilaksanakan memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa, khususnya Desa Rukam supaya bersama-sama mencegah virus yang telah "kerasan" di negara kita selama 1 tahun ini. Virus ini telah melululantahkan tatanan dunia. Baik Ekonomi, pendidikan, sosial, budaya dan lain sebagainya.

Acara sosialisasi yang digelar oleh Pemerintah Desa Rukam ini bertujuan menekan penyebar virus Covid-19 di Desa Rukam.  Dengan menerapkan protokol kesehatan dengan caramenjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitaizer, mengurangi mobilisasi keluar rumah telah membantu kepada pihak-pihak yang telah berjuang melawan virus corona tersebut.

Plt. Kepada Desa Rukam, M. ANIS pada sambutannya mengajak masyarakat desa, terutama masyarakat Desa Rukam untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Selain itu pada sesi pembahasan dari pihak kesehatan, yakni dari Puskesmas Kecamatan Mendo Barat yang dihadiri oleh dr. Meliasih9 menjelaskan bahwa untuk tidak bosan-bosannya kita tetap menerapkan Protokol Kesehatan untuk terhindar virus Covid-19. Mari kira berantas virus Covid-19 ini dengan cara memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumuman, mengurangi mobilisasi keluar rumah apabila tidak ada kepentingan, tetap menjaga jarak.

Lanjut, "Dalam hal vaksinisasi yang diberikan kepada Presiden, Joko Widodo dengan yang diberikan kepada masyarakat di tataran di masyarakat desa sama saja, yakni Vaksin Sinovac. Pemberian vaksin ini dilakukan secara bertahap. Vaksinisasi dilaksanakan kepada Tenaga Pendidik, Tenaga Medis, Perangkat Desa, TNI, Polri."

Dalam pembahasan itu, dr.Meliasih memberikan pemahaman terkait vaksin yang diberikan kepada masyarakat itu. "Hasil kajian menyebutkan vaksinasi COVID-19 dapat diberikan pada kelompok usia (lansia, Ibu menyusui, penyintas COVID-19 setelah 3 bulan, dan komorbid. Adapun pelaksanaan pemberian vaksin harus tetap mengikuti petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi COVID-19. bagi orang yang telah divaksin memiliki 80 % kekebalan tubuh. Kenapa bagi anak-anak tidak diberi vaksin. Karena imunitas tubuh anak-anak masih tinggi. Sehingga anak-anak tidak menjadi sasaran,” jelasnya.

Meski telah melakukan vaksinisasi harus menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumuman, mengurangi mobilisasi keluar rumah apabila tidak ada kepentingan, tetap menjaga jarak. Semoga pandemi ini cepat berlalu. Amin....

Sumber: 
Tim Website Desa Rukam
Penulis: 
Tim Website Desa Rukam
Fotografer: 
Tim Website Desa Rukam
Editor: 
Tim Website Desa Rukam
Tags: 
Berita Daerah